Hari ini saya akan mengajarkan beberapa tahap-tahap basic untuk membuat item cosmetic dota untuk diupload di steam workshop.
Ada beberapa tahap pada part 1 ini yang anda harus lalui yaitu :
dan tentunya akan menghasilkan dua aksi-reaksi yaitu :
Keuntungan
Anda dapat mewujudkan barang yang anda inginkan tetapi tidak ada dalam game tersebut melalui steam workhop.
Anda akan mendapatkan sebagian uang dari penjualan barang yang anda buat tersebut jika Dota menerima barang and dan diluncurkan dalam game tersebut. Dan uang tersebut akan terus mengalir pada akun anda sampai tiada orang lagi yang membeli barang anda.
Anda akan terkenal dalam komunitas market ataupun workshop.
Ke-tidak-Untungan
Anda harus meluangkan beberapa waktu untuk memahami langkah-langkah yanh akan berguna untuk membuat barang anda.
Anda akan memakan cukup banyak waktu untuk membuat dan meng-texture barang anda.
Anda akan menerima sakit di hati jika setelah mengorbankan beberapa waktu untuk membuat barang tersebut tetapi Dota tidak menerima barang anda karena beberapa faktor yang akan kami bahas di akhir post.
Untuk mempersingkat pengorbanan waktu yang anda sedang lakukan ini (wkwkwk) mari kita langsung masuk kepada tahap pertama.
1.Concepting
Pertama-tama anda harus mempunyai konsep dasar barang yang anda inginkan terlebih dahulu.
Sperti misalnya anda membayangkan sebuah kapal yang sangat keren, maka pertama-tama anda
harus mempunyai konsep gambar sebuah kapal.
Dalam hal ini saya ingin membuat konsep pedang. Konsepnya yaitu seperti ini :
Konsep tidak seharus detail banget seperti se detail aslinya, karena fungsi konsep adalah mempermudah gambaran atau bayangan barang yang akan dibuat.
Setelah sudah mempunyai konsep kita harus mempersiapkan scene nya sekarang.
2. Preparing The Scene
Pertama-tama kita memerlukan model Hero yang itemnya akan kita buat tersebut. Model dapat di ambil di web " http://www.dota2.com/workshop/requirements"
Karena Konsep saya tadi adalah barang untuk Hero naga siren, Maka saya akan donwload model Naga siren disini.
Setelah selesai mendownload, waktunya mengunpack dan mengimport file senjata naga siren (karena saya ingin mengubah senjatanya) ke softwared 3D.
Disini saya menggunakan software 3Dsmax, dan untuk mengimport segala sesuatu di software 3Dsmax anda harus mengextensi terlebih dahulu.
Download dan install SMD Importer for 3Dsmax, SMD Importer for Maya dan SMD importer for Blender terlebih dahulu, Beberapa software tidaklah gratis dan anda dapat mencari versi "gratis"nya di internet yang luas ini.
Import file barang yang anda mau edit.
OK untuk semuanya, tidak perlu khawatir.
dan ini lah Viewportnya.
Tetapi kita sekarang tidak memerlekunnya, Kita akan meng Hidenya terlebih daulu karena kita akan memulai dari Blender mash nya. Deselect Mesh nya, Klick-kanan di Viewport dan klick "Hide Unselected", Ini akan menyembunyikan Rangka dan Mesh nya.
Sekarang ktia harus memposisikan barang model tersebut menjadi konsep yang telah dibuat untuk memudahkan kita bekerja. lalu Klick kanan di Viewports third title dan pilih "Viewport Background"
Kalau sudah, kita siap untuk memodel barang tersebut.
3. Preparing the Basemesh
setelah membuat konsep kita pada scene seperti gambar di atas tersebut, kita harus membuat basemesh barang kita untuk nanti pada saat sculpting. Disarankan anda mengetahui basic-basic untuk 3D modeling yang sangat banyak tersebar di internet apa lagi youtube.
Saya membuat basemesh konsep saya dengan beberapa garis-garis untuk memudahkan sculpting nanti.
Setelah ini kita akan memodifikasi lebih lanjut dengan membuat bentuk nya karena ini hanyalah rangka dari model, dan ya, memang mirip seperti konsep.
4. Sculpting
biasanya orang mengsculpting menggunakan software Zbrush atau Mudbox, tetapi anda bebas memilih software untuk sculpting.
Saya mengunakan Zbrush, import model yang anda telah buat ke Zbrush.
Kalau sudah import, disini kita akan memulai detailing barang kita.
Pertama-tama ubah red wax ke matcap. Karena Red Wax tidak efektif dalam memberitahu informasi tentang panjang dan kedalaman suatu model.
Kalau sudah, berikan detailnya, saran saya jangan berlebihan memberikan detail.
Ini adalah model senjata anda yang paling sederhana.
Sejanjutnya akan dilanjutkan pada Part 2.
Dalam part 2 saya akan menambahkan texture (warna) dan tentu saja beberapa modifikasi tambahan untuk menghaluskan barang tersebut.
Terima Kasih untuk membaca Part 1, selamat membuat model items yang anda inginkan!!
0 komentar :
Posting Komentar